Minggu, 24 November 2013

Pengunjung Tersihir Bertha Benz

 Pengunjung Tersihir Bertha Benz
TRIBUNNEWS.COM -- SIAPA yang tidak kenal mobil Mercedez Benz? Yup, pabrikan mobil eksklusif asal Jerman ini merupakan salah satu merek mobil terkemuka di dunia otomotif sejagat. Kemewahan, keindahan, kenyamanan, teknologi canggih, kebanggaan, serta gengsi tinggi menjadi ruh pada setiap unit mobil yang di Indonesia dikenal dengan sebutan Mercy ini.
Ketika berseliweran di jalan pun, karisma mobil Mercedez-Benz ini seolah tetap menjadi perhatian. Meski kini bermunculan mobil mewah dari pabrikan lain, pesona kemewahan Mercedez-Benz tetap tidak tertandingi.
Pesona mobil Mercy mampu menyihir setiap pasang mata yang memandangnya. Meski sudah memiliki banyak tipe, secara kasat mata, mobil Mercy tetap mudah dikenali. Apa pun tipe serta jenisnya, lambang bintang segitiga khas Mercy akan selalu terpampang pada bagian depan atau belakang mobil.
Puluhan bahkan ratusan tipe dan jenis mobil telah dikeluarkan pabrikan asal Jerman ini dari awal berdiri hingga saat ini. Namun apakah Anda tahu seperti apa mobil pertama yang dibuat pabrikan Mercedez-Benz? Dan kapan pertama kali mobil ini dibuat?
Mobil Mercedez-Benz pertama diproduksi pada 1888. Mobil ini diyakini pula sebagai mobil pertama di dunia. Ketika itu, mobil yang diciptakan Carl Friedrich Benz itu bentuknya menyerupai delman dengan memiliki tiga roda, satu di depan, dua di belakang.
Namun, sudah dilengkapi mesin dan menggunahan bahan bakar premium.
Kendaraan pertama Mercy itu disebut dengan Bertha. Dinamakan demikian karena kendaraan itu pertama kali digunakan oleh Berta Benz, istri sekaligus partner bisnis penemu automobil pertama Karl Benz.
Meski usianya sudah lebih dari seabad, hingga kini kendaraan pertama Mercy itu masih tetap ada dan terjaga dengan baik. Bertha bahkan sempat mampir di Indonesia dan dipamerkan kepada masyarakat Indonesia dalam kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Mercedez-Benz Club Indonesia di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), 22-24 November lalu.
Menurut Presiden Mercedez-Benz Club Indonesia, Doddy Moedjito, pada tahun 1888 Bertha menjadi orang pertama yang mengendarai automobil untuk jarak jauh, yakni sekitar 106 kilometer. Ketika itu, mobil roda tiga itu digunakan Bertha untuk mengunjungi ibunya yang tinggal di kota lain di Jerman.
Berbekal pengalamannya mengendarai mobil tersebut, Bertha memiliki gagasan cemerlang untuk menjadikan kendaraan yang dibuat suaminya itu sebagai kendaraan bisnis yang dijual kepada masyarakat luas. Ia pun kemudian meyakinkan suaminya, Carl Benz, untuk memperkenalkan temuan kendaraan roda tiga bermesin itu kepada masyarakat.
Ide Bertha itulah yang di kemudian hari menjadikan bisnis suaminya sangat sukses. Beberapa tahun setelah itu, merek Benz Patent Motorwagen seketika mendunia dan berhasil melakukan penjualan pertamanya, disusul penjualan-penjualan lainnya.
"Kalau ditanya berapa harganya, mobil Bertha ini harganya tidak ternilai karena ini mobil pertama Mercy," kata Doddy saat ditemui di sela-sela kegiatan Jamnas Mercedez-Benz Club Indonesia, Minggu (24/11/2013).
Sepanjang pameran, para pengunjung seperti tersihir dan terkagum-kagum melihat keunikan mobil Bertha tersebut. Yang luar biasa, mesin mobil berusia lebih dari satu abad itu hingga kini masih menyala dengan baik. Untuk menjaga kualitas mesin, menurut Doddy, mesin mobil ini dinyalakan setiap dua jam sekali.
Desain mobil penuh sejarah itu memang tampak sederhana dengan kerangka terbuat dari besi. Pengendara berada di bagian depan kendaraan, sedangkan mesinnya di belakang.
Tempat duduk pengendara terbuat dari susunan kayu yang dibalut dengan busa. Kemudinya berupa roda yang terpasang dengan as roda depan yang hanya satu buah. Dua roda lain berada di belakang.
Selain itu, sejarah mencatat, mobil Mercedez-Benz ini pertama kali masuk ke Indonesia pada 1894. Orang pertama Indonesia yang memiliki mobil ini adalah Pakoeboewono X dari Surakarta. Ketika itu, Pakoeboewono membeli satu unit mobil Benz Victoria.
Pakoeboewono juga tercatat sebagai orang pertama Indonesia yang mengendarai mobil. Ia seolah berpikir jauh ke depan mengingat ketika itu Indonesia masih mengandalkan transportasi darat berupa kereta kuda yang terbilang mewah serta cepat.
"Dibandingkan Belanda, Indonesia lebih dulu punya Mercedez-Benz. Belanda baru punya Mercy pertama dua tahun setelah Indonesia atau pada tahun 1896," jelas Doddy.
http://id.berita.yahoo.com/pengunjung-tersihir-bertha-benz-194735443.html

0 komentar:

Posting Komentar